Monday, November 25, 2013

Panen Di Sawah Bengkok Desa Sundul

Panen Di Sawah Bengkok Desa Sundul

Foto ini adalah saat panen di sawah bengkok Desa Sundul Kecamatan Parang Kabupaten Magetan yang aku potret pada hari Rabu, 20 Nopember 2013 kemarin.
Biar terlihat lebih klasik dan asyik di lihat, foto yang asli aku edit menjadi hitam putih dengan alat bawaan OS PC yaitu Microsoft Office Picture Manager.
Maklum saja, cara gepyok atau memanen padi di daerahku Desa Sundul masih dengan cara yang relatif sederhana, yaitu dengan menggunakan mesin perontok padi hanya dengan gilingan atau roll berberigi paku yang bisa dibuat petani sendiri dengan dibantu alat putarnya oleh sebuah mesin diesel kecil yang biasanya hanya berkekuatan 4 PK / tenaga kuda.

Alat perontok padi sederhana ini di Sundul Magetan sering disebut dengan nama EREG atau HEREG. Walaupun terkesan sederhana tetapi alat ini sangat membantu memudahkan pekerjaan petani dan pekerja pemanen padi.

Semoga saja alat perontok padi yang lebih modern yang di angan angankan oleh para petani bisa cepat terwujud sehingga semakin lebih memudahkan lagi pekerjaan para petani di Desa Sundul tercinta ini.
InsyaAlloh.

Panen Di Sawah Bengkok Desa Sundul

Sundul

Artikel Terkait



Comments
0 Comments

No comments: