Friday, April 26, 2013

Biji tumbuhan Uluk Uluk

Biji tumbuhan Uluk Uluk
Biji tumbuhan Uluk Uluk
Foto di atas adalah Biji tumbuhan Uluk Uluk. Tumbuhan uluk uluk sendiri adalah tumbuhan yang sering tumbuh di daerah berair. Bunganya berbentuk bunga terompet. Lihat beberapa gambar di SINI
Biji dari tumbuhan uluk uluk sendiri tidak berasal dari bunganya yang bertuknya seperti terompet. Tetapi tumbuh dari pangkal batang daun memang sudah berbentuk biji. Jadi biji dan bunga uluk uluk tumbuhnya terpisah.

Bentuk biji tumbuhan uluk uluk seperti gasingan, dengan ujung biji yang runcing. Warna bijinya kalau masih muda berwarna hijau. Semakin tua bijinya akan berubah warna menjadi keputih putihan dan akhirnya menjadi kecoklat coklatan. Setelah kering, maka biji itupun akan pecah dan mengeluarkan isi dari biji uluk uluk yang kecil. Tetapi isi biji tersebut kelihatan besar karena dibungkus oleh semacam bulu bulu yang cukup panjang seperti yang tampak pada foto diatas. 

Biji biji itulah yang akhirnya berterbangan di hembus angin dan jatuh ke tanah lalu tumbuh lagi menjadi tumbuhan yang baru apabila tempat jatuhnya cocok untuk tumbuhan uluk uluk tersebut. Tumbuhan uluk uluk juga bisa berkembang dengan berseminya tumbuhan baru dari akar akar yang menjalar di sekitar tumbuhan yang lama.
Sundul

Artikel Terkait



Comments
0 Comments

No comments: